Keikutsertaan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim Ditinjau Dari Karakteristik Responden

W. WINARNI

Sari

Latar belakang Kanker Leher Rahim menempati urutan kedua setelah kanker payudara sebagai kanker yang paling sering diderita wanita Indonesia. Kelompok beresiko terjadinya kanker leher rahim adalah wanita usia diatas 30 tahun , insident terbanyak pada usia 45-54 tahun. Tercatat lebih dari 270.000 wanita meninggal karena Kanker Leher Rahim dan diperkirakan ada 40.000 kasus baru Kanker Leher Rahim setiap tahunnya Tujuan  Menganalisis keikutsertaan ibu melakukan deteksi dini Kanker Leher Rahim dengan metode Inspeksi Visual Asam Asetat ditinjau dari Karakteristik Responden. Metode Jenis penelitian ini adalah observasional analitik. Populasi  ibu-ibu pasangan usia subur di Forum Kajian dan Komunikasi Muslimah Pucangan. Teknik sampling menggunakan sampel jenuh yang memenuhi kriteria inklusi sejumlah 76 responden Analisis data menggunakan X2 untuk bivariat dan regresi logistik untuk multivariat. Hasil Ada hubungan umur dengan Keikutsertaan ibu melakukan Inspeksi Visual Asam Asetat, ada hubungan pendidikan dengan keikutsertaan ibu melakukan Inspeksi Visual Asam Asetat, ada hubungan pekerjaan dengan keikutsertaan ibu melakukan Inspeksi Visual Asam Asetat, Simpulan Variabel Umur, pendidikan dan pekerjaan mampu mempengaruhi keikutsertaan dalam pemeriksaan IVA test sebesar 68,5% dan sisanya yaitu sebesar 31,5% dijpengaruhi oleh faktor lain diluar model penelitian..

Kata Kunci

keikutsertaan IVA; karakteristik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Amalia, L. (2009), Kanker Leher Rahimdan 32 Kanker Lainnya, Landscape, Yogyakarta.

Dewi, L. (2014), Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Wanita Usia Subur dalam Deteksi Dini Kanker Leher Rahimdi Puskesmas Tanjung Hulu Pontianak, Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Dinas Kesehatan. (2014), Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah 2014. Semarang: Dinkes Jateng.

Mirayasih, D. (2013), Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Tentang Kanker Leher Rahimdan Keikutsertaan Melakukan Pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat di Puskesmas Alianyang Pontianak [Karya Tulis Ilmiah], Universitas Tanjung Pura, Pontianak.

Mubarak, I. (2011), Promosi Kesehatan untuk Kebidanan, Salemba Medika, Jakarta.

Notoatmodjo, S. (2012), Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan, Rineka Cipta, Jakarta.

POKJA Gynekologi Onkologi. (2010), Pelatihan IVA dan Pencegahan Kanker Serviks, Himpunan Onkologi dan Gynekologi Indonesia, Semarang.

Rasjidi, I. (2010), Epidemiologi Kanker Pada Wanita, CV Sagung Seto, Jakarta.

Rohmawati.Ika. (2011). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Wanita Usia Subur dalam Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Metode IVA di Wilayah Kerja Puskesmas Ngawen I Kabupaten Gunung Kidul. Universitas Indonesia. Depok

Rosita. (2012), Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Kanker Leher Rahimdengan Perilaku Deteksi Dini Kanker Leher Rahimpada Ibu di Desa Ngebel, Ponorogo, Stikes ‘Aisyiyah, Surakarta.

Rotary club. 2016. Materi Pelatihan IVA test Bagi Bidan, Semarang

Wawan, A. (2011), Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia, Nuha Medika, Yogyakarta.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.