ANAK HEBAT TANPA GADGET DI SDN PABELAN 02 KARTASURO SUKOHARJO

Ida Nur Imamah, Dyah Rahmawatie

Abstract

Latar Belakang: Anak-anak yang hebat perlu memiliki perilaku yang sehat. Perkembangan teknologi komunikasi membawa banyak perubahan sosial, tidak hanya perubahan pola pikir tetapi juga berdampak pada perubahan perilaku sosial. Gadget menjadi gaya hidup anak-anak masa kini. Ironisnya, berbagai efek buruk dapat terjadi jika penggunaan gadget oleh anak-anak tidak dilakukan dengan bijak. Tujuan: Layanan masyarakat adalah untuk meningkatkan pengetahuan cara meminimalkan dan menggunakan gadget secara bijak. Metode: Kegiatan bakti ini dilakukan satu hari dalam bentuk diskusi interaktif dengan materi tentang cara menggunakan gadget secara bijak. Berdasarkan pengamatan selama kegiatan pengabdian masyarakat, beberapa hasil positif diperoleh, seperti: 1). Peserta yang terdiri dari 40 siswa dan 16 guru antusias dengan materi 2). Para peserta aktif dalam sesi tanya jawab. Hasil: Peningkatan terkait penggunaan gadget secara bijak. Hasil post test menemukan 46 peserta atau 82,14% dari peserta menjawab dengan benar. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah pendidikan dengan diskusi interaktif mampu meningkatkan pengetahuan anak-anak tentang cara menggunakan gadget dengan bijak.

Keywords

anak; hanphone; sekolahan

Full Text:

PDF

References

Al-Ayouby, M Hafiz. 2017. Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Diakses melalui http://digilib.unila.ac.id/27131/1/ pada 1 Juli 2018.

Hukormas. 2014. Anak usia sekolah menjadi tumpuan kualitas bangsa. Diakses melalui http://www.gizikia.depkes.go.id/sekretariat/anak-usia-sekolah-menjadi-tumpuan-kualitas-bangsa/ pada 8 mei 2016.

Istiyanto, Bekti S. Studi Kasus Dampak Negatif Media Komunikasi dan Informasi bagi anak-Anak di Kelurahan Bobosan Purwokerto Kabupaten Banyumas. Jurnal Ilmu Komunikasi Universital Jenderal Soedirman. 01 (2016) 58 – 63.

Keliat,Budi Dkk.(2011).Manajemen keperawatan Psikososial dan Kader Kesehatan Jiwa.Jakarta EGC.

Lestari, Inda ; Riana, Agus Wahyudi; M, Budi. Pengaruh gadget pada Interaksi Sosial dalam Keluarga. Prosiding KS : Riset & PKM; Volume (2); Nomor (2); Hal : 147 – 300; ISSN : 2442 – 4480.

Maulana, Heri DT. 2009. Promosi Kesehatan. Jakarta : EGC.

Rika, Handriani. 2016. Pengaruh Unsafe Action Penggunaan Gadget Terhadap Ketajaman Penglihatan Siswa Sekolah dasar Islam Tunas Harapan Semarang. UDINUS Repository.

Simamora, Antonius. 2016. Persepsi Orang Tua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini Pendidikan Dasar di Perumahan Bukit Kemiling Bandar lampung. Diakses melalui http://digilib.unila.ac.id/23220/3/ pada 1 Juli 2018

Stuart, Gail W. (2013). Principles and Practice of Psychiatric Nursing 10th Ed. Canada. Mosby Elsevier

Sutanto, Brigitta Carla; Bangsa, Petrus Gogor; Martien. 2016. Perancangan Kampanye Sosial Pentingnya Waktu Bersosialisasi dan Bermain Anak Usia 6 – 10 Tahun.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.