LAYANAN KESEHATAN IBU HAMIL BERKSEINAMBUNGAN

Nur Chabibah, Milatun Khanifah

Abstract

Kehamilan adalah masa ketika ada berbagai perubahan. Perubahan-perubahan ini dapat terjadi secara fisiologis, tetapi mereka juga dapat menjadi potologis. Oleh karena itu, identifikasi faktor risiko selama kehamilan dan layanan berkelanjutan memainkan peran penting dalam mengurangi angka kematian ibu. Salah satu bentuk kerja sama lintas sektoral dari sektor pendidikan dan kesehatan adalah menjadi fasilitator yang diharapkan dapat mendorong agen perubahan dalam masyarakat, terutama dalam mengurangi angka kematian ibu. Tujuan: Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemeriksaan dan pendidikan bagi wanita hamil tentang faktor risiko selama kehamilan dan persiapan persalinan untuk keberhasilan pemberian ASI eksklusif. Sasaran kegiatan adalah ibu hamil di Desa Pangkah Karangdadap Kecamatan Pekalongan. Manfaat yang diharapkan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan ibu hamil, terutama tentang faktor risiko dan persiapan persalinan untuk pemberian ASI eksklusif. Metode: Yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pemeriksaan laboratorium, ceramah, dan diskusi. Pembicara dalam kegiatan ini adalah tim dosen STIKES Muhammadiyah Pekajangan dan Bidan di Desa Pangkah. Hasil: Kegiatan menunjukkan peserta aktif dalam kegiatan dan peningkatan pengetahuan tentang persiapan persalinan dan menyusui eksklusif

Keywords

kehamilan; berkelanjutan; kesehatan

Full Text:

PDF

References

Aditianti, A., Permanasari, Y., & Julianti, E. D. (2015). Pendampingan Minum Tablet Tambah Darah (TTD) Dapat Meningkatkan Kepatuhan Konsumsi TTD Pada Ibu Hamil Anemia. Nutrition and Food Research, 38(1)

Aryani, F. D., Kharimaturrohmah, I., & SiT, S. (2011). Pengaruh Penyuluhan Asi Eksklusif Pada Ibu Hamil Terhadap Engetahuan Dan Sikap Menghadapi Masa Laktasi Di Puskesmas Sewon 1 Tahun 2011 (Doctoral dissertation, Universitas' Aisyiyah Yogyakarta).

Evayanti, Yulistiana. "Hubungan Pengetahuan Ibu Dan Dukungan Suami Pada Ibu Hamil Terhadap Keteraturan Kunjungan Antenatal Care (ANC) di Puskesmas Wates Lampung Tengah Tahun 2014." Jurnal Kebidanan 1.2 (2015): 81-90

Freeman, George, et al. "Continuity of care." Report of a scoping exercise for the National Co-ordinating Centre for NHS Service Delivery and Organisation R & D (NCCSDO). London: NCCSDO (2001)

Fuada, N., & Setyawati, B. (2015). Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil Di Indonesia. Indonesian Journal of Reproductive Health, 6(2), 67-75.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. 2014. “Pelayanan Kesehatan Masa Sebelum Hamil." Masa Hamil, Persalinan, dan Masa Sesudah Melahirkan, Penyelenggaraan Pelayanan Kontrasepsi, serta Pelayanan Kesehatan Seksual Selama Hamil (97).

Qudriani, M., & Hidayah, S. N. (2017, May). Persepsi Ibu Hamil Tentang Kehamilan Resiko Tinggi Dengan Kepatuhan Melakukan Antenatal Care Di Desa Begawat Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun 2016.

In Prosiding 2nd Seminar Nasional IPTEK Terapan (SENIT) 2017 (Vol. 2, No. 1, pp. 197-203).

Sugiarti, Oedojo Soedirham, and Imam S. Mochny. "Upaya Pemberdayaan Ibu Hamil Untuk Deteksi Dini Risiko Tinggi Kehamilan Trimester Satu." The Indonesian Journal of Public Health 9.1 (2012): 27-36

Walsh, Linda. 2007. Buku Ajar Kebidanan Komunitas. Jakarta: EGC.

World Health Organization. (2010). World health statistics 2010. World Health Organization.

Zaky, N. H. (2016). Effect of pelvic rocking exercise using sitting position on birth ball during the first stage of labor on its progress. IOSR Journal of Nursing.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.